Situs untuk pengetahuan tentnag kesehatan anda

Pohon Legendaris yang Nyaris Tinggal Nama harus tahu loh....!!



Mendengar  nama Kedoya maka orang akan teringat sebuah kecamatan di wilayah Jakarta Barat. Padahal sebenarnya kedoya adalah nama pohon yang di mancanegara populer dengan nama ivory mahagony. Golongan suku Meliaceae (duku-dukuan) ini punya nama latin yang cukup panjang dan sulit, Dysoxylum gaudichaudianum.

Berasal dari Australia, pohon kedoya sendiri kini sulit dijumpai di kawasan Jakarta Barat. Konon, di kawasan itu tumbuh banyak sekali pohon kedoya. Namun akibat pelebaran wilayah perumahan dan pertambahan penduduk, pohon yang daunnya majemuk menyirip ini ditebangi sampai habis.

Kedoya biasa tumbuh di daerah panas berkapur. Secara alami jenis ini biasa tumbuh di daerah hutan jati atau hutan kayu putih.

Tinggi pohon antara 25 sampai 45 meter dan memiliki buah berwarna kuning kecil-kecil terkumpul dalam malai ganda. Dengan buah berbentuk bulat yang warnanya cokelat kekuningan, kayu kedoya terlalu lunak untuk dijadikan bahan material pembuat perabotan. Biasanya kayu ini masih bisa digunakan sebagai bahan kotak atau batang korek api, tusuk gigi atau papan perahu. Berhubung jenis kayunya yang tak bisa awet, hanya berupa kayu gubal tanpa teras.

Bagian pepagan (kulit jaringan kayu) pohon ini mempunyai bau menusuk dan memuakkan yang menimbulkan rasa mual, sehingga orang bisa muntah-muntah.Dulu masih sering ditemukan di daerah Jawa atau kepulauan dekat Krakatau. Tetapi kini pohon kedoya nyaris tinggal nama.

Diolah Dari Berbagai Sumber.

Share:

No comments:

Post a Comment

Entri Populer

Label

Arsip Blog

Recent Posts

Pages